Jakarta Utara

Walikota Jakut Buka Rakercab Jakarta Utara
Apr 12, 2021

Walikota Jakut Buka Rakercab Jakarta Utara

Jakarta Utara – Dengan semangat peningkatan kinerja dalam rangka mengevaluasi program tahun 2020 dan membahas program kerja tahun 2021 Kwarcab Jakarta Utara menggelar rapat kerja yang dipusatkan di Pendopo Catur Saka Gerakan Pramuka Kwarcab Jakarta Utara secara luring dengan protokol kesehatan ketat sekaligus juga disiarkan secara daring, Sabtu (10/4).

Dalam kesempatan tersebut Ketua Kwarcab Jakarta Utara Kak Budi Sulistiono menyampaikan terima kasih atas kehadiran berbagai unsur Pramuka Jakarta Utara. Di antaranya Walikota Jakarta Utara selaku Ka. Mabicab, Ketua Kwarda DKI Jakarta yang diwakili oleh Waka Abdimas Kak Ratiyono, serta enam unsur utusan Kwartir Ranting dan Kwartir Cabang dari seluruh wilayah Jakarta Utara. Di hadapan forum tersebut Kak Budi menyampaikan hasil capaian kerja tahun 2020 dan visi pencapaian kerja untuk tahun 2021.

Rakercab yang dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang Jakarta Utara, Kak Ali Maulana Hakim, dalam sambutannya menitipkan beberapa amanat. Di antaranya adalah agar Pramuka Jakarta Utara dapat berkolaborasi dengan stake holder dan pemerintah kota dalam program-programnya, termasuk program upaya memutus penyebaran Covid-19 dan aktivitas jelang Ramadhan 1442 Hijriah serta jelang Hari Raya Idul Fitri. Selanjutnya Kak Ali juga menyampaikan bahwa “jumlah Pramuka di Jakarta Utara ada sekitar 39 ribu dan merupakan potensi yang cukup besar serta diharapkan dapat membantu target percepatan vaksinasi lansia yakni dapat membantu mengantarkan lansia ke tempat vaksin sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19,” lanjut Kak Ali.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Kwarda DKI Jakarta yang diwakili oleh Kak Ratiyono meneruskan amanat Ka. Mabida, Kak Anies Bawedan kepada Pramuka Jakarta Utara. Amanat tersebut ialah agar Pramuka Jakarta terus dapat relevan dan menjadi penggerak di tengah masyarakat, serta melakukan terobosan dan inovasi yang tidak dapat dipisahkan dari Gerakan Pramuka dalam program-programnya. Kak Anies juga berharap bahwa “Pramuka Jakarta dan Kwartir Daerah harus menjadi Kwartir Daerah yang progresif”, salah satunya dengan cara siap berkolaborasi dengan komunitas dan komponen eksternal Gerakan Pramuka, tutur Kak Ratiyono.

Ditambahkan, salah satu terobosan yang perlu menjadi perhatian Pramuka Jakarta yakni aktivitas generasi muda perkotaan, aktivitas Pramuka Jakarta harus menyesuaikan dengan keadaan, tantangan dan peluang perkembangan kota dan masyarakat Jakarta. Kegiatan Pramuka Jakarta diharapkan selalu memiliki aspek modern, relevan dengan isu yang berkembang dan perkembangan Jakarta. Ditambahkan Kak Anies, bahwa konsep Pramuka perkotaan atau urban scouting ini harus diupayakan sebagai salah satu daya tarik pendidikan kepramukaan di Jakarta, pungkas Kak Ratiyono.(Sudarso)

Add comment