Berita Internasional

Selamat! Pramuka Jakarta jadi Koordinator Messengers of Peace Indonesia
Jun 13, 2022

Selamat! Pramuka Jakarta jadi Koordinator Messengers of Peace Indonesia

Jakarta – Biro Kepanduan Dunia Regional Asia-Pasifik yang berkedudukan di Makati, Filipina menerbitkan surat pengangkatan koordinator nasional program Messengers of Peace (MoP) untuk Gerakan Pramuka. Surat tersebut menunjuk Kak Prakoso Permono, atau dikenal dengan panggilan Pras sebagai koordinator baru bagi Gerakan Pramuka. (13/6)

Kak Pras merupakan salah satu anggota Pusat Informasi Kwartir Daerah DKI Jakarta. Sebelum aktif di Kwartir Daerah, Kak Pras menyelesaikan masa peserta didiknya sebagai Sekretaris Dewan Kerja Cabang Jakarta Selatan. Pada tahun 2019 dan 2021 berurutan menerima Lencana Teladan dari Presiden Republik Indonesia dan Lencana Karya Bakti dari Gubernur DKI Jakarta. 

Setelah sebelumnya menjadi Pramuka Garuda pada golongan Penegak, lulusan Universitas Indonesia ini juga aktif mengelola berbagai kegiatan pengembangan dan pengabdian sejak menjadi pengurus Dewan Kerja Ranting Kebayoran Baru hingga mengakhiri masa jabatannya di Dewan Kerja Cabang Jakarta Selatan. 

Setelah resmi mengucap Tri Satya, yang dalam hal ini dibacakan dalam bahasa Inggris, dan menandatangani piagam pelantikan, Koordinator Nasional MoP Indonesia akan memulai tahap perencanaan berbagai program kerja. Tentu dengan bekerja erat dengan Komisi Pembinaan Anggota Muda dan Komisi Kerja Sama Luar Negeri Kwartir Nasional. 

Di antara program Messengers of Peace adalah untuk mendorong peran aktif para Pramuka dalam berkontribusi pada perdamaian dan pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Program ini pula akan dikembangkan di Kwartir Daerah DKI Jakarta seiring dengan salah satu anggotanya, Kak Fakhir Naufal dari Dewan Kerja Daerah DKI Jakarta, yang menerima penghargaan World Messengers of Peace Hero atas program sosialnya. 

Dalam pernyataan tertulisnya Kak Pras menyatakan kesiapannya mendorong aktivitas Pramuka Jakarta dalam kerangka program Messengers of Peace. “Kita di kwarda juga tengah merencanakan untuk mendesain pendampingan dan pembinaan bagi proyek-proyek sosial Pramuka yang berdampak. Agar tidak hanya berdampak, namun juga dapat mendatangkan prestasi”, jelas Kak Pras.

Add comment