Berita Internasional

Kak Triadi Suparta Dapat Penghargaan Karya Bakti dari Komite Pramuka Asia-Pasifik
Feb 24, 2022

Kak Triadi Suparta Dapat Penghargaan Karya Bakti dari Komite Pramuka Asia-Pasifik

JAKARTA - Komite Pramuka Asia-Pasifik (Asia Pacific Regional Scout/APR) memberikan APR Certificate of Good Service kepada Kak Triadi P Suparta. Penghargaan itu diberikan di sela-sela acara Konferensi Pramuka se Asia-Pasifik yang berlangsung secara daring pada 15-21 Februari 2022 dengan host di Manila, Filipina.

Saat ini, Kak Triadi menjabat Sekretaris Kwarda DKI Jakarta. Di Kwartir Nasional, beliau menjabat sebagai Sekretaris Komisi Perencanaan dan Pengembangan. Selain itu menjadi pelatih di Pusdiklat Kwarcab  Jakarta Selatan.

"Penghargaan ini diberikan atas karya bakti di APR sejak  1999," ujar panitia ketika mengumumkan penerima penghargaan tersebut.

Memang, Kak Triadi telah aktif di APR sejak tahun 1999, pada saat dirinya menjadi Andalan Nasional. Dia mengawalinya sebagai peserta National Scout Camp & Hostel Management Workshops di Filipina. Tahun berikutnya, kegiatan ini kemudian diselenggarakan di Indonesia dengan nama APR Scout Camp & Hostel Management Workshops.

Pada saat bersamaan, Kak Triadi  menjadi peserta PR & IT Workshop di Malaysia, kemudian diangkat sebagai ICT Committee Vice Chairs (2001-2004). Sebelumnya, Kak Triadi menjadi anggota Satgas Rencana Strategis (1999-2001). Terakhir dia adalah anggota Subkomite Manajemen Komite APR masa bakti 2004-2007.

Pada periode itu beliau juga berpartisipasi dalam berbagai seminar, lokakarya dan pertemuan. Antara lain di APR Scouts Leaders Summits (Melbourne, Australia), Konferensi Kepanduan Dunia (Durban, Afrika Selatan), Jambore Kepanduan Dunia (Thailand & Jepang), Konferensi Pramuka APR (di Brunei Darusalam, Manila, Korea dan lainnya).

Kak Triadi aktif sebagai Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega di Jakarta. Beliau juga menjadi pengurus di DKC, DKD Jakarta dan DKN masa bakti 1978 1983. Setelah itu menjadi pimpinan di Kwarcab Jakarta Selatan dan Kwarda DKI Jakarta selama beberapa periode. 

Selain Kak Triadi, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah pembina dan pelatih Gerakan Pramuka. Yaitu untuk  Kak Nauli Fitria Hutapea (Koordinator MoP), Kak Rio Ashadi (Konsultan WOSM) dan Kak Laiyin Nento. UWD

Add comment