Berita Nasional

Hari Pramuka 59: Jokowi dorong Pramuka Jalankan Dua Gerakan Nasional
Aug 12, 2020

Hari Pramuka 59: Jokowi dorong Pramuka Jalankan Dua Gerakan Nasional

Jakarta - Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka menjadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-59 pada Rabu, 12 Agustus 2020. Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual mulai pukul 15.00 WIB. 

Kak Joko Widodo berada di Istana Negara, sementara Ketua Kwartir Nasional Pramuka Kak Budi Waseso dan petugas upacara berada di Pusdiklatnas Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.  Karena Covid-19, jumlah peserta upacara hanya 50 orang dan menerapkan protokol kesehatan.  

Live streaming dilakukan dari gedung Pusdiklatnas Pramuka yang diikuti pengurus 34 Kwartir Daerah di tingkat provinsi, ratusan Kwartir Cabang di kabupaten/kota, 11 Gugusdepan di KBRI/KJRI di luar negeri, dan disaksikan jutaan Pramuka melalui Youtube.

Dalam sambutannya Kak Jokowi berharap Gerakan Pramuka dapat menjalankan dua gerakan nasional yaitu gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak seluruh masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan dan yang kedua adalah gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi. 

"Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi tetapi dua gerakan tersebut akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan kakak-kakak dalam memperdalam jiwa pramuka sejati sebagai mana tertuang dalam Dwidarma, Trisatya dan Dasadarma Pramuka." Ujar Kak Jokowi. 


Add comment