Jakarta Timur

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pelatih Pramuka Jakarta Timur Bikin Konten Latihan Berbasis IT
Aug 08, 2020

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pelatih Pramuka Jakarta Timur Bikin Konten Latihan Berbasis IT

Jakarta- Pemerintah telah menerapkan kebijakan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) setelah beberapa daerah menunjukkan penurunan dalam penyebaran Covid-19. Menyambut kebijakan pemerintah tersebut Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Timur mengadakan Pitaran Pelatih bagi Pelatih Pembina Pramuka di Wilayah Jakarta Timur.

Pitaran Pelatih dibuka oleh Sekretaris Kwarcab Jakarta Timur Kak Untung Santoso. Dalam sambutannya Kak Untung menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka peningkatan kapasitas pelatih menghadapi adaptasi kebiasaan baru yang diterapkan Pemerintah. Selain itu, kegiatan ini merupakan program dari pembinaan anggota dewasa. 

Pitaran Pelatih dilaksanakan selama dua hari 25 Juli dan 8 Agustus 2020 di Aula Gedung Walikota Jakarta Timur. Sebanyak 36 peserta ambil bagian di dalam kegiatan tersebut. Para peserta yang hadir mendapatkan materi membuat video latihan Pramuka berbasis metode kepramukaan, Membuat berbagai form latihan menggunakan google form dan mencoba melaksanakan latihan jarak jauh menggunakan aplikasi meeting seperti zoom dan googlemeet.

Pada saat kegiatan berlangsung turut hadir Ketua Kwarcab Jakarta Timur Kak Ari Sonjaya. Pada kesempatan tersebut Kak Ari menyampaikan arahannya bahwa di era milenial seperti sekarang ini penggunaan teknologi sudah tidak bisa ditinggalkan dan mutlak adanya. Selain itu diharapkan para pelatih jangan sampai ketinggalan dengan para peserta didik yang semakin canggih dalam memanfaatkan teknologi.

Sementara itu, Kak Iqbal Andalan Cabang Bidang Penelitian dan Pengembangan berharap para pelatih mampu menerapkan metode kepramukaan dalam menyusun model latihan di gudep dengan menggunakan berbagai aplikasi, sehingga peserta didik tetap merasakan latihan yang menarik dan menyenangkan.

"Semoga para peserta dapat menyampaikan atau menularkan materi yang didapatkan dalam bentuk Gelang Ajar dimasing-masing Kwarran." Tambah Kak Iqbal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kak Yusuf U, Kak Abror, Kak Neny Rahmawati, Kak Marlina sebagai narasumber dan Kapusdiklatcab Jakarta Timur serta Ketua Pitaran Pelatih Kak Isa Ansori dan Kak Rokhyani Andalan Anggota Dewasa. Selama kegiatan berlangsung penerapan protokol kesehatan sesuai ajuran pemerintah tetap dilaksanakan secara ketat.

Add comment