Jakarta Utara

Pasar Cipluk Jakut Terbakar, Kwarran Penjaringan Dirikan Posko
Sep 13, 2020

Pasar Cipluk Jakut Terbakar, Kwarran Penjaringan Dirikan Posko

Jakarta - Pasar Cipluk, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Kamis (10/9) Pukul 23.05 WIB. Tercatat 120 kios dan 10 rumah warga setempat, tepatnya di Jalan Rawa Bebek RT 14 RW 11 menjadi korban si jago merah.

Atas peristiwa kebakaran tersebut, Kwarran Penjaringan mendirikan posko Pramuka Peduli di SMPN 21 Jakarta yang berjarak 1 Km dari pusat kebakaran. Posko didirikan sejak tanggal 12 September 2020 dan direncanakan akan tetap berdiri hingga 16 September 2020. 

"Sejak tanggal 12 September 2020 kita sudah membuka posko bagi korban kebakaran di Pasar Cipluk." Ungkap Ketua Pramuka Peduli Penjaringan Kak Sri supriyati, S.Pd. 

Kak Sri menuturkan posko didirikan sebagai tempat untuk penggalangan bantuan dari para donatur dan saat ini korban kebakaran masih membutuhkan bantuan seperti alat tulis, tikar, selimut, alat mandi, masker dan hand sanitizer.

"Alhamdulillah sudah terkumpul 50 pasta gigi dan 50 sikat gigi, 72 sabun mandi, alat tulis, baju anak-anak, dan 4 dus mie instan. Selain barang hingga hari ini (13/9) tercatat sudah masuk uang sebesar Rp. 2.371.000." Ujar Kak Sri.

Sebanyak 20 anggota DKR Penjaringan dan 2 Pembina Pramuka turut membantu dalam penggalangan dan penyaluran bantuan di Posko yang telah didirikan. 

Kak Sri menambahkan bahwa selama mendirikan posko, Kwarran Penjaringan selalu menerapkan 3R dan menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 

Sementara itu, Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Kak Rahmat Kristanto menuturkan bahwa kerugian material akibat musibah kebakaran ini ditaksir hingga Rp. 400 Juta.

Add comment