Jakarta Selatan

Giat Ramadan Kebayoran Baru, Urban Scouting dan Lengkap Tribina
May 12, 2021

Giat Ramadan Kebayoran Baru, Urban Scouting dan Lengkap Tribina

Jakarta – Dewan Kerja Ranting Kebayoran Baru mengadakan rangkaian kegiatan Ramadan dalam judul Sandaran yang merupakan singkatan dari Pesantren Daring dan Berbagi Bersama Kwartir Ranting Kebayoran Baru dengan nuansa pembinaan sekaligus juga kegiatan sosial, Jumat (7/5/2021).

Dua aspek tersebut dipertegas dalam sambutan Ketua Kwarran Kebayoran Baru Dr. Ratna Budiarti yang menyebut, “kegiatan ini merupakan visi kami untuk memberi ruang bagi pengembangan tribina. Bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat. Aspek bina diri dikembangkan dalam kegiatan pesantren virtual, aspek bina satuan dikembangkan dengan mengikut sertakan para Pramuka Penggalang dalam kegiatan yang dikelola oleh Penegak Pandega, serta aspek bina masyarakat dalam bentuk berbagi kepedulian bagi masyarakat.”

Kegiatan pesantren Ramadan yang diselenggarakan secara daring menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya Sekertaris ATAS Indonesia Kak Ari Adipratomo, Kak Aida Tajudin yang merupakan anggota Dewan Kerja Nasional Brunei Darussalam, serta Kak Firdaus Yusoff dari Persekutuan Pengakap Malaysia dalam sharing session yang ditutup dengan aktivitas kerohanian yang dipimpin oleh Andalan Urusan Agama Islam Kak Mohammad Akhid serta penampilan Pramuka Penggalang dan penceramah cilik Adik Muhammad Rizky dari Gugus Depan 01-093 pangkalan SDN Kramat Pela 09.

Menurut penuturan Dewan Kerja Ranting Kebayoran Baru kegiatan yang diikuti lebih dari 80 Pramuka dari dalam dan luar Kebayoran Baru ini bertujuan membuka wawasan global Pramuka Kebayoran Baru serta membawa aspek internasional untuk dapat diakses oleh Penegak Pandega di wilayah Kebayoran Baru. Hal ini sejalan dengan amanat Kak Anies Baswedan untuk membentuk Pramuka Jakarta bertaraf global dengan tetap mempertahankan nilai keagamaan dan keindonesiaan.

Selain itu mendekati Hari Raya Idul Fitri dalam rangkaian kegiatan Ramadan, Kwarran Kebayoran Baru juga bergerak dalam kegiatan sosial. Salah satunya dengan membantu masyarakat yang membutuhkan pada waktu berbuka puasa dengan pembagian takjil dan masker. Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan persimpangan Melawai, Blok M, Kebayoran Baru. Kegiatan berbagi bersama berupa takjil dan masker ini terlaksana dengan 500 paket takjil dan 200 paket masker medis.

 Yang menarik dalam kegiatan ini ialah takjil dan masker hanya dibagikan pada masyarakat yang menaati aturan lalu lintas, seperti tidak melanggar marka jalan, tidak menaiki trotoar, dan menggunakan helm bagi pengendara motor. Dalam pembagian yang dilakukan oleh 30 orang Pramuka Kebayoran Baru tersebut juga dilaksanakan edukasi ramah pejalan kaki dan taat lalu lintas yang merupakan program rutin DKR Kebayoran Baru sejak tahun 2017. Kegiatan ini juga sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta arahan Kak Anies Baswedan untuk mengedepankan aktivitas urban scouting, yaitu peran Pramuka dalam menjawab tantangan dan masalah perkotaan, salah satunya masalah lalu lintas dan kota ramah bagi semua yang tengah dikembangkan Pemprov DKI Jakarta. (Bintang)

Add comment