DKI Jakarta

Pramuka Jakarta Susun Panduan Pembinaan dan Kegiatan Aksi Pramuka Peduli
Nov 14, 2022

Pramuka Jakarta Susun Panduan Pembinaan dan Kegiatan Aksi Pramuka Peduli

Jakarta - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Penanggulangan bencana bersama masyarakat dengan salah satu pokok pembahasannya yaitu menyusun Panduan Pembinaan dan Kegiatan Aksi Pramuka Peduli yang nantinya diharapkan menjadi sistem pada hari Kamis, 10 November 2022 di Aula Kwarda DKI Jakarta. 

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Kwarda DKI Jakarta Kak Fadjar Panjaitan. Beliau menyampaikan bahwa pelatihan ini memang sedianya didesain selain untuk melakukan upgrading, pembekalan, dan penguatan bagi sumber daya yang dimiliki Kwarda DKI Jakarta, namun juga akan merumuskan dan mulai merumuskan sistem Panduan Pembinaan dan Kegiatan Aksi Pramuka Peduli Kwarda DKI Jakarta. 

"Sistem ini kami harapkan dapat dipedomani sebagai gerakan yang sama dan standar bagi aksi Pramuka Peduli di tengah masyarakat Jakarta," Tambahnya. 

Kak Fadjar juga menyampaikan bahwa dengan adanya sistem yang teroriganisir dan terstandardisasi, maka saya berharap aksi Pramuka Peduli akan terus berkembang dan membawa manfaat yang lebih luas.

Total ada 65 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dan dihadiri oleh sejumlah pemateri diantaranya Kak Isnawa Adji Kepala BPBD DKI Jakarta. Dalam kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut juga diadakan kegiatan diskusi panel yang diisi oleh Dinsos, Dinkes, Disdukcapil, dan PMI Provinsi DKI Jakarta. 

Sementara itu, Kak Ratiyono Waka Abdimas Kwarda DKI Jakarta berharap dalam Pelatihan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat ini, Gerakan Pramuka dapat berkolaborasi dengan unsur Pemerintah (OPD) baik dalam peningkatan Kompetensi dan ketrampilan yang sangat diperlukan dalam menanggulangi bencana.

"Tindak lanjutnya pada pekan berikutnya dilakukan sosialisai ke tingkat Kwarcab dan Kwaran  sehingga terbentuk satuan tugas terdepan di tingkat Ranting maupun di Gugus Depan," Ujarnya.

Add comment