DKI Jakarta

Pramuka Jakarta Ikut Donor Plasma Konvalesen
Apr 27, 2021

Pramuka Jakarta Ikut Donor Plasma Konvalesen

Jakarta – Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung Kwartir Daerah DKI Jakarta mulai mencanangkan program kampanye donor darah konvalesen. Program kampanye dan ajakan gerakan bagi seluruh komponen Pramuka Jakarta ini merupakan bentuk dukungan Pramuka Jakarta bagi kebutuhan plasma konvalesen sebagai salah satu upaya penanggulangan dampak Covid-19.

 Donor darah plasma konvalesen merupakan proses pengambilan plasma darah dari penyintas atau orang yang telah sembuh dari Covid-19. Adapun fungsi dari plasma konvalesen ialah sebagai terapi yang digunakan untuk pasien Covid-19 yang tengah dirawat atas petunjuk dokter dan permintaan fasilitas kesehatan yang merawat. Selain donor darah reguler, kini di tengah pandemi dan saat bulan Ramadan kebutuhan plasma konvalesen menjadi salah satu aspek mendesak untuk dipenuhi.

 Pada Jumat (23/4/2021), Wakil Ketua Kwarda DKI Jakarta bidang Abdimas Kak Ratiyono, didampingi oleh DKD DKI Jakarta Kak Gregorius Editya dan Kak Prakoso Permono diterima oleh Ketua PMI DKI Jakarta Kak H. Rustam Effendi. Dalam pertemuan tersebut Kwarda DKI Jakarta menyampaikan kesiapan untuk turut mengampanyekan donor plasma konvalesen bagi Pramuka Jakarta yang juga merupakan penyintas Covid-19. Dalam kesempatan yang sama Kak Prakoso Permono memberikan testimoni donor konvalesen pertamanya setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada pertengahan Maret 2021.

Kwartir Daerah DKI Jakarta terus berkomitmen dalam kampanye donor darah sebagai salah satu bentuk turunan kerja sama dengan PMI DKI Jakarta yang telah sebelumnya ditandatangani. Kak Ratiyono selaku wakil ketua yang membidangi pengabdian masyarakat juga terus mengajak menjelaskan bahwa “masa pandemi tidak menjadi halangan karena donor darah adalah sehat dan aman, tidak perlu takut, taati protokol kesehatan, khususnya Pramuka yang telah mencapai 17 tahun agar terus mendonorkan darah secara rutin setiap dua bulan kemudian”

Untuk dapat turut mendukung kebutuhan plasma konvalesen di DKI Jakarta, para Pramuka Jakarta yang juga penyintas Covid-19 dapat berpedoman pada persyaratan:

  1. Memiliki surat terkonfirmasi positif Covid-19, tidak menerima selain hasil SWAB PCR.
  2. Memiliki surat terkonfirmasi negatif Covid-19, tidak menerima selain hasil SWAB PCR. Atau memiliki surat keterangan sembuh / menyelesaikan isolasi mandiri dari fasilitas kesehatan setempat seperti puskesmas / rumah sakit
  3. Tidak menerima donor plasma konvalesen selama dirawat karena Covid-19.
  4. Bebas gejala Covid-19 sekurang-kurangnya 14 hari sejak hasil swab negatif atau menyelesaikan isolasi mandiri.
  5. Diutamakan laki-laki atau perempuan yang belum pernah hamil.
  6. Berat badan minimal 55 kilogram.
  7. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun.

 Dengan setelahnya melakukan pendaftaran melalui kontak Halo Donor PMI DKI Jakarta melalui nomor WhatsApp 0856-8864-678. 

Add comment