DKI Jakarta

Gubernur Terbitkan Keputusan No 561 Tahun 2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaa
May 06, 2024

Gubernur Terbitkan Keputusan No 561 Tahun 2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaa

Jakarta – Pj. Gubernur DKI Jakarta Kak Heru Budi Hartono menerbitkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 561 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan pada tanggal 24 Agustus 2023.

Dalam Kepgub tersebut dijelaskan mengenai tugas dan wewenang dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Gubernur, Walikota, Camat, Lurah dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Adapun tugas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Kepgub ada 3 (tiga) yakni menjamin kebebasan berpendapat dan berkarya dalam Pendidikan Kepramukaan, membimbing, mendukung, dan memfasilitasi penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan dan membantu ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas yang diperlukan untuk Pendidikan Kepramukaan.

Terkait dengan kewenangan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berwenang untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan tugas Gubernur, Walikota/Bupati, Camat, dan Lurah dalam penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan yaitu memberikan bimbingan moral dan memfasilitasi penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan.

Tak hanya itu, dalam Keputusan Gubernur tersebut juga dijelaskan bahwa Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan yang merupakan bagian dari tujuan pembangunan Provinsi DKI Jakarta dan termuat dalam Rencana Pembangunan Provinsi DKI Jakarta.

Kepgub No. 561 Tahun 2023 juga menjabarkan mengenai tenaga pendidik dalam Pendidikan Kepramukaan yang terdiri atas Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, Pamong SAKA dan Instruktur SAKA. Tenaga pendidik ini harus memenuhi persyaratan standar tenaga pendidik dalam Pendidikan Kepramukaan dan tugas tenaga pendidik yaitu Pembina Pramuka bertugas membina peserta didik di Gugus Depan, Pelatih Pembina Pramuka bertugas melatih Pembina, Pamong SAKA bertugas mendidik peserta didik pada SAKA dan Instruktur SAKA bertugas membantu Pamong SAKA.

Tenaga pendidik yang telah memiliki sertifikat berhak mendapatkan tunjangan dalam penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan yang besarnya ditetapkan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah.

Terkait dengan Prasarana dan sarana penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan pada Gugus Depan berbasis sekolah/madrasah dan pesantren menjadi tanggung jawab kepala sekolah / madrasah dan pesantren sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan berbasis sekolah/madrasah dan pesantren bersangkutan.

Kebutuhan prasarana sarana penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan pada Gugus Depan berbasis sekolah/madrasah dan pesantren difasilitasi oleh Kepala Dinas Pendidikan pada satuan pendidikan formal dan Kepala Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan Kepala Kanwil Kementerian Agama pada satuan pendidikan keagamaan atau madrasah.

Dalam hal Pendanaan, penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran masing-masing Perangkat Daerah/Unit Kerja pada Perangkat Daerah dan / atau sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pendanaan yang dimaksud digunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan, meliputi biaya penyusunan rencana, pembinaan, dan pengawasan, biaya pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan dan biaya pengelola Pendidikan Kepramukaan.

Biaya pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan yang dimaksud ditujukan untuk biaya Pendidikan Kepramukaan pada satuan pendidikan formal yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan biaya Pendidikan Kepramukaan untuk SAKA yang difasilitasi oleh Perangkat Daerah/Unit Kerja pada Perangkat Daerah.

Sedangkan biaya pengelola Pendidikan Kepramukaan ditujukan untuk biaya operasional sekretariat organisasi Gerakan Pramuka.

Kak Nurdin Hasan Waka Binamuda Kwarda DKI Jakarta Masa Bakti 2019 -2024 saat diwawancarai merasa bersyukur dengan Kepgub No 561 Tahun 2023. “Bersyukur Kwarda DKI Jakarta memiliki Kepgub No 561 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan. Keluarnya Kepgub ini, merupakan bentuk dukungan Gubernur sebagai Majelis Pembimbing Daerah terhadap Gerakan Pramuka di DKI Jakarta.” Jelasnya.

Menurutnya Kepgub mengajak para Mabida dan Mabisaka untuk turut serta mensukseskan penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Jakarta. Semoga Kwartir selaku pengelola pendidikan kepramukaan semakin mampu untuk memberikan pelayanan terbaiknya untuk Peserta didik maupun orang dewasa dalam peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan kepramukaan di Jakarta.

“Semoga keluarnya KepGub ini memperkuat begitu pentingnya pendidikan kepramukaan bagi bangsa ini, sehingga Kemdikbud dapat meninjau keputusannya perihal pencabutan ekstrakurikuler Pramuka menjadi tidak wajib.” Ujar Kak Nurdin.

Download disini Kep Gub DKI Jkt No. 561 Tahun 2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan.pdf

  • Juhri

    Juhri Mudah mudahan bermanfaat

    2 months ago
  • Alvia Hanum

    Alvia Hanum Bagus untuk pembentukan karakter jujur, berempati, kerja keras, rajin dan tahu kewajiban

    2 months ago
  • Vj Luph Scoout

    Vj Luph Scoout Kepramuka sangat bagus dan penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Salam Pramuka.. Salam Pramuka.. Merdeka...!!!

    2 months ago
  • Taufik

    Taufik Semoga pembina bantu dapat tunjangan yang sebenary dari pihak pemerintah Karena mereka termasuk tenaga pendidik.yang mendidik secara lansung dalam lapangan Aamiin

    2 months ago
  • Rizky nasution

    Rizky nasution Alhamdulillah salam pramuka semoga pramuka tetap jaya dan semua pelatih pramuka di perhatikan dari honor dan tunjangan...transport..tdk beda halnya dengan guru kelas .jadi tidak ada lagi yg menganggap pramuka sebelah mata.ini bisa menjadi motivasi dan tantangan hidup dan bagi kaum mudan dan dewasa bersinergi..untuk memajukan indonesia emas.

    2 months ago
  • Aryono

    Aryono Sayang disitu tidak disebutkan keberadaan sako hanya saka saja, tolong di tambahkan

    2 months ago

Add comment