Berita Internasional

Riset Terbaru: Kepramukaan Meningkatkan Kebahagiaan, Memberi Dasar Kuat untuk Masa Depan Remaja
Nov 21, 2022

Riset Terbaru: Kepramukaan Meningkatkan Kebahagiaan, Memberi Dasar Kuat untuk Masa Depan Remaja

Universitas Tartu mengumumkan hasil penelitian yang mengukur bagaimana kegiatan Asosiasi Kepramukaan Estonia mempengaruhi perkembangan remaja dan pemuda. Rilis hasil riset dalam bahasa Inggris dilakukan pada November 2022. 

Penelitian itu menemukan bahwa Pramuka dan orang tua mereka memuji Asosiasi Kepramukaan Estonia karena membantu mengasah   kecakapan yang selaras dengan pendekatan saat ini. Yaitu keterampilan yang dibutuhkan remaja/pemuda untuk memasuki pasar kerja di masa depan.

Kecakapan itu adalah: kecerdasan sosial, kompetensi lintas budaya, kreativitas, kemampuan adaptif, cognitive load management, dan pola pikir desain (design mindset). 

Riset menemukan bahwa kepramukaan memiliki pengaruh positif pada pengembangan diri, efikasi diri dan perolehan pengetahuan serta kecakapan yang dibutuhkan di kemudian hari.

"Dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan Kepanduan yang berusia lebih dari seabad tampaknya selaras dengan pandangan terbaru tentang prinsip-prinsip pembangunan pemuda," tulis tim peneliti Universitas Tartu dalam kesimpulan studinya.

Ketua tim peneliti, Kairi Kasearu, mengatakan bahwa penelitian terbaru tentang pemuda dan orang dewasa yang terlibat dalam Kepramukaan ini memberikan kontribusi yang berharga di lapangan.

Dia mencatat bahwa Kepramukaan yang didasarkan pada tradisi lama dan menyampaikan nilai-nilai dasar yang mendukung pengembangan dan pertumbuhan pemuda dalam masyarakat informasi dan lingkungan yang mengalami perubahan yang cepat. 

 "Berdasarkan pandangan dan persepsi subjek penelitian, Kepramukaan dianggap memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan kepribadian anak muda dan perolehan keterampilan sosial dan praktis," kata Kasearu, Associate Professor of General Sociology.

Menurut Reelika Ojakivi, kepala Departemen Urusan Pemuda di Kementerian Pendidikan dan Penelitian Estonia, organisasi pemuda memiliki peran penting dalam melibatkan kaum muda untuk pengambilan keputusan dan memberdayakan mereka sebagai warga negara yang aktif. 

Ojakivi mengatakan bahwa apa yang sangat memuaskan dari temuan ini adalah bahwa persepsi pemuda tentang pengaruh menjadi Pramuka sejalan dengan orang tua mereka. 

"Bahwa kepramukaan mengembangkan keterampilan yang bermanfaat di masa depan, dan membuat kaum muda lebih percaya diri dan lebih bahagia," kata Ojakivi. "Kemungkinan bahwa para pemuda ini akan membantu memajukan kehidupan yang lebih tinggi di tingkat lokal."

Di dalam kuesioner penelitian terdapat pertanyaan apakah pendekatan metodologi organisasi kepramukaan juga memenuhi tujuannya dalam praktik. 

Kristjan Pomm, mantan Ketua Asosiasi Kepramukaan Estonia, mengatakan temuan itu menegaskan bahwa pengaruh kepramukaan  terhadap perkembangan pemuda secara keseluruhan adalah positif.

"Organisasi kepemudaan yang mampu menawarkan kegiatan ekstrakurikuler kepada kaum muda dengan tujuan yang mendidik dalam arti luas dan dipimpin oleh pembina atau orang dewasa yang secara optimal siap untuk menciptakan perubahan positif dalam perkembangan anak muda," kata Kristjan Pomm. 

Menurut Pomm, kami belajar bahwa Kepramukaan membentuk sikap aktif terhadap kehidupan, mempromosikan dan mengintensifkan pembentukan dan stabilitas ikatan sosial, dalam beberapa kasus mengarah pada persahabatan seumur hidup dan dukungan jaringan  sosial. 

Pomm menjelaskan bahwa yang juga penting adalah kenyataan bahwa partisipasi dalam kepramukaan untuk mengembangkan kerja sama dan interaksi fungsional dengan orang lain, mendorong kontribusi untuk berbagai kegiatan masyarakat, memperluas pemahaman tentang dunia dan membuka kemungkinan untuk menemukan tempat seseorang dan mewujudkan potensi seseorang di masa depan.

"Semua mengatakan,  hasil ini harus mendorong dan mengakui bahwa pembina dan pelatih pramuka yang menyelenggarakan program ini untuk kaum muda. Hasil penelitian ini juga menegaskan bahwa Gerakan Kepanduan yang berusia seabad dengan anggota lebih dari 50 juta orang, tetap relevan dan terkini di Estonia saat ini," kata Kristjan Pomm.

Asosiasi Kepanduan Estonia adalah organisasi pemuda pertama di Estonia yang pengaruhnya terhadap perkembangan pemuda telah dievaluasi oleh para peneliti. 

Metodologi penelitian ini digunakan untuk studi dengan  tujuan yang sama di Inggris. Oleh Organisasi Gerakan Kepramukaan Sedunia metodologi ini digunakan dalam studi di Estonia.(UWD)

Foto: scouthub.org

Add comment