Cerita Kita Jurnalisme Warga

Apr 09, 2024

15.386 Paket Takjil Berhasil Disalurkan Kwarran Cilandak Bersama Gugusdepan

Jakarta - Karya Bakti Ramadan menjadi salah satu agenda utama kegiatan dalam Kwartir Ranting Cilandak pada bidang Pengabdian Masyarakat untuk mengamalkan Satya dan Darma Pramuka dengan mendirikan posko dan membagikan takjil kepada para pengguna jalan RS Fatmawati – RA Kartini dalam jam sibuk pulang kantor.

Amanah disampaikan oleh kak Joko Turanto (Ka Kwarran Cilandak), “Kita (Pramuka) disini hadir untuk memberikan pertolongan kepada mereka yang sedang perjalanan menuju rumah, walaupun mereka dalam kondisi mampu ekonomi dalam keadaan berbuka puasa mereka tidak menyediakan makanan untuk berbuka, maka kehadiran kita bisa membantu mereka yang ingin berbuka dengan memberikan takjil secara langsung atau dalam posko ini.”

Waktu pelaksanaan berlangsung sejak tanggal 29 Maret s.d. 3 April 2024 dengan berkolaborasi bersama gugusdepan yang berada di Cilandak yang dibagi jadwal untuk setiap sekolah dengan jumlah 2-4 sekolah/hari, serta institusi diluar Gerakan Pramuka yang bekerja sama dengan Kwartir Ranting Cilandak. Selama 13 hari pelaksanaan Karya Bakti Ramadan Ke-7 Tahun 2024, Kwartir Ranting Cilandak berhasil menyalurkan sejumlah 15.386 paket takjil dan mengalami peningkatan sejumlah 5.580 paket takjil berhasil disalurkan pada tahun 2023. Kegiatan ini pula diikuti oleh total 54 Pangkalan (SD, SMP, SMA, SLB dan Institusi Pemerintah) dan 586 anggota Gerakan Pramuka (Pramuka Siaga s.d. Pramuka Pembina).

Banyak peristiwa menarik hadir pada Karya Bakti Ramadan Ke-7, yaitu 1) Kunjungan dari pengurus Kwartir Cabang Jakarta Selatan dan Kwartir Daerah DKI Jakarta; 2) Berkumpulnya 3 Ketua Kwartir Ranting Cilandak (Kak Yus Rusamsi, Kak Neneng, dan Kak Joko Turanto) dalam satu hari; 3) Pramuka Berkubutuhan Khusus turut serta dalam kegiatan; 4) Kwartir Daerah DKI Jakarta memberikan fasilitas tenda dapur air; dan 5) Kemacetan parah yang melanda DKI Jakarta saat memasuki minggu terakhir kegiatan.

Kak Abep (Pramuka Berkebutuhan Khusus SLBN 01 Jakarta) memberikan kesan saat mengikuti kegiatan Karya Bakti Ramadan, “Saya senang sekali bisa ikut kegiatan ini dengan membantu membagikan makanan kepada orang-orang bersama Pramuka.”

Pada hari penutupan kegiatan Karya Bakti Ramadan (Rabu, 3 April 2024) sebelum kegiatan dimulai, Jakarta dilanda hujan deras yang mengakibatkan beberapa wilayah mengalami banjir dan menyebabkan kemacetan selama berjam-jam, namun tak menyurutkan Pramuka Cilandak untuk hadir dan menyebarkan kebaikan dengan total 1.296 paket takjil disalurkan dan Pramuka Penegak Cilandak mengambil alih lalu lintas Jalan RS Fatmawati – Jalan RA Kartini untuk mengurai kemacetan.

Pewarta: Kak Dian Arianto

15.386 Paket Takjil Berhasil Disalurkan Kwarran Cilandak Bersama Gugusdepan

Add comment